• Menu

    Copyright © KULINER MURAH
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    10 Makanan Khas Malang yang Enak dan Legendaris

      

    Kota Malang yang terkenal dengan kesejukan dan keindahan alamnya, selain itu kulinernya juga enak. Buat kamu, para pecinta kuliner, jangan sampai terlewat nih makanan khas Malang, Jawa Timur yang mampu menggoyang lidahmu.

    Berikut ini 10 makanan khas Malang yang enak dan legendaris yang dirangkum oleh detikFood dari berbagai sumber.

    1. Bakso Malang

    Buat si penikmat bakso, pasti jawaban utama tentang nikmatnya makanan satu ini, tidak lain ialah bakso khas Malang.

    Kamu bisa menemukan kedai yang menyediakan bakso yang terkenal di Malang, seperti Bakso President. Kedai yang berdiri sejak tahun 1977 ini berada tepat di samping rel kereta aktif jurusan Surabaya-Malang, jadi kalau kamu berkunjung ke sini maka akan ada sensasi tersendiri saat asyik melahap seporsi bakso hangatmu.

    Bakso President menawarkan varian bakso, seperti bakso goreng, bakso bakar, dan sebagainya. Nah, Detikers untuk mencicipi bakso ini, kamu cukup siapkan kocek sekitar Rp 30 ribu - 50 ribu.

    Bakso President Malang

    Jalan Batanghari Nomor 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
    Jam buka: 08.00 - 21.30 WIB.

    Nomor telepon: (0341) 496746

    2. Rawon

    Makanan khas Jawa Timur ini juga populer di Malang. Rawon sendiri terbuat dari olahan daging sapi berupa sup daging berkuah hitam. Kuah hitam ini dihasilkan dari perpaduan bumbu yakni kluwek.

    Nah, jika kamu sedang berada di Kota Malang, kamu bisa mampir makan rawon khas Malang di warung makan terkenal, Rawon Nguling Malang. Kuliner satu ini sudah eksis sejak tahun 1983. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

    Di sini kamu bisa mencoba nasi rawon beserta jajaran kuliner pelengkap lainnya, seperti babat, perkedel, dan lainnya. Kamu cukup menyiapkan kocek sekitar Rp 35 ribu - 50 ribu.

    Rawon Nguling

    Alamat: Jalan Zainul Arifin No.62, RT.01/RW.01
    Kiduldalem, Kec. Klojen
    Kota Malang, Jawa Timur
    Jam buka: 07.00 - 15.30 WIB

    Telepon: (0341) 324684

    3. Nasi Pecel

    Nasi pecel merupakan salah satu menu favorit warga Malang. Nasi pecel sendiri terdiri dari nasi yang ditemani dengan rebusan sayur segar, siraman sambal kacang dan peyek.

    Sedangkan, untuk sayurannya berupa tauge, kacang panjang, kangkung, dan daun kemangi. Dengan racikan bumbu cita rasa khas tradisional Indonesia nan bergizi, nasi pecel cocok disantap untuk sarapan pagi.

    Salah satu nasi pecel yang terkenal dan legendaris di Malang ialah Pecel Kawi 1975. Kenikmatan menu nasi pecel ini terletak pada cita rasa yang otentik, karena termasuk makanan khas Malang tempo dulu nih Detikers.

    Sebaiknya, kamu bersiap datang lebih awal terutama di jam sarapan sampai makan siang dan musim liburan. Bila kamu sedang melakukan aktivitas lain dan tetap ingin mencoba kuliner ini, kini kamu bisa pesan melalui aplikasi online loh.

    Harga untuk satu porsi nasi pecel disini sekitar Rp 14 ribu, untuk harga lauk-pauknya antara Rp 2 ribu-15 ribu saja.

    Pecel Kawi Hj. Musilah

    Alamat: Jalan Kawi Atas No.43B, MALANG
    Buka Setiap Hari 06.00 - 19.00 WIB
    Info (0341) 5022005

    Instagram: @pecelkawi

    4. Ronde Titoni

    Dinginnya Malang cocok ditemani dengan hangatnya kuliner yang satu ini, wedang ronde. Wedang dalam istilah kuliner Jawa merupakan segala bentuk minuman panas yang terbuat dari air rebusan jahe, serai dan gula Jawa.

    Cita rasa jahe membuat kuliner ini terasa mirip dengan kuliner sekoteng. Sedangkan, ronde menyuguhkan isian seperti bulatan tepung beras yang berisi gula.

    Jika kamu masih penasaran dengan cita rasa wedang ronde, kamu bisa ke Ronde Titoni Malang, salah satu tempat legendaris untuk menyantap ronde. Di sini kamu bisa menikmati semangkuk wedang ronde beserta menu angsle di kedai yang sudah hadir pada 1948. Harga yang ditawarkan di kedai ini dengan harga mulai Rp 7 ribu-9 ribu.

    Ronde Titoni
    Jln. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
    Jam buka : Senin-Sabtu, 18.00 - 00.00
    (0341) 808 292

    5. Ketan

    Ketan enak dengan aneka rasa jadi makanan khas Malang.Ketan enak dengan aneka rasa jadi makanan khas Malang. Foto: Hilda Meilisa Rinanda

    Buat kamu yang ingin makan yang hangat dan manis, cocok banget nih sama kuliner satu ini. Kuliner Malang selanjutnya yang enak ialah terbuat dari olahan beras ketan. Umumnya, sajian ketan berupa ketan yang disajikan dengan kelapa parut atau bubuk.

    Yuk, melipir sedikit ke wilayah Kota Batu, di sini kamu akan makanan khas Malang Batu di Pos Ketan Legenda, yang sudah berdiri tahun 1967.

    Ketan legenda ini terletak di dekat alun-alun Batu, arah selatan. Di sini terdapat menu sajian untuk ketan manis, seperti ketan keju susu dan ketan gurih, seperti ketan ayam pedas. Harga ketan legenda sekitar Rp 7 ribu - 12 ribu.

    Pos Ketan Legenda

    Alamat: Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Sisir
    Kec. Batu, Malang, Jawa Timur
    Jam buka: 10.00 - 02.00 WIB

    Telepon: 0813-3431-3353

    6. Sate Kelinci

    Masih di kawasan wilayah Kota Batu, kamu harus coba makanan yang berbahan dasar kelinci nih Detikers. Selain enak, kabarnya daging kelinci bisa menyembuhkan penyakit asma. Daging kelinci yang pas untuk dikonsumsi, berusia 4-6 bulan karena diyakini memiliki daging yang empuk seperti daging ayam.

    Kamu bisa mampir ke Warung Sate Kelinci, yang membuat menu hidangan primadona Kota Batu, yaitu sate kelinci.

    Warung Sate Kelinci

    Alamat: Jl. Patimura No.126, Temas, Kec. Batu
    Kota Batu, Jawa Timur 65315
    Jam buka: 08.00-21.00 WIB
    Telepon: (0341) 597275

    7. Sate Landak

    Masih dengan olahan sate, kamu bisa mencicipi salah satu kuliner ekstrem khas Malang, yaitu sate landak. Teksturnya yang empuk dan cita rasa gurih membuat siapa saja tergoda. Tapi, tenang saja jangan takut untuk memakan sate yang berbahan utama hewan landak ini. Karena penyajiannya sudah ada dalam bentuk potongan kecil layaknya sate ayam.

    Punya nyali untuk makan kuliner ini Detikers? Langsung saja mampir ke Sate Landak Bu Ria. Di sini menyajikan tidak hanya olahan sate tapi juga ada tongseng dan sup. Menunya sendiri cukup beragam, seperti menu daging biawak dan daging bulus.

    Sate Landak Bu Ria

    Alamat: Jl. Bugis No.47, Boro Bugis, Saptorenggo
    Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur
    Jam buka: 07.00-22.00 WIB

    Telepon: 0822-4776-7512

    8. Orem- Orem

    Orem-orem masakan kuliner Malang ini berbahan dasar irisan tempe goreng dan ayam yang diolah dengan kuah santan kental. Makanan ini disajikan dengan irisan ketupat beserta lauk tempe dan tauge, dan disiram kuah santan. Keunikan kuliner ini terletak pada cara memasaknya yang menggunakan bahan bakar arang dan bahan dasar tempe khas Malang.

    Kamu bisa cicip orem-orem di Warung Orem-Orem Pak Tik. Warung ini mudah dikenali dengan dipajangnya ketupat berukuran jumbo di depan warung. Meski sajian kuliner ini sangat sederhana tapi makanan di sini selalu ludes terjual.

    Warung Orem-Orem

    Alamat: Jl. Irian Jaya No.1, Sukoharjo
    Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
    Jam buka: 10.00-04.00 WIB

    Telepon: 0822-4485-7686

    9. Tempe Mendol

    Mendol adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang berbentuk blok (mendol). Tempe mendol ini biasanya disajikan sabagai lauk atau pun dimakan langsung sebagai menu utama.

    Tempe mendol memiliki tekstur yang lebih padat. Tempe mendol alias mendol tempe ini bisa kamu temui di penjual pecel. Rata-rata penjual nasi pecel juga menyuguhkan tempe mendol sebagai pelengkap.

    10. Bakpao

    Daftar selanjutnya ialah makanan khas Malang buat oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Salah satunya yang tak boleh terlewat adalah bakpao.

    Umumnya, makanan lezat ini sajikan dengan berbagai varian rasa yang terdiri dari varian manis dan gurih.

    Nah, salah satu bakpao legendaris di Malang adalah Bakpao Boldy yang sudah eksis pada tahun 1950. Untuk harganya sekitar Rp 9 ribu per buah dan pasta kacang hitam menjadi primadona dari varian rasa lainnya.

    Bakpao yang disajikan di sini terjamin bebas dari pengawet, pemutih atau bahan kimia lain sehingga cita rasa yang disajikan sudah tak perlu diragukan nih Detikers.

    Bakpao Boldy

    Alamat: Jl. Mangun sarkoro No.25, Jodipan
    Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
    Jam buka : 07.00-17.00 WIB

    Telepon: (0341) 364020

    #kulliner
    https://candrabi.com Kamis, 05 November 2020 Last Updated 2020-11-05T08:05:21Z
    Komentar

    Tampilkan