• Menu

    Copyright © KULINER MURAH
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    11 MAKANAN KHAS TULUNGAGUNG TERKENAL KELEZATANNYA DAN PILIHAN OLEH-OLEH DAERAH

    Berkunjung dan berwisata tentu saja tak lengkap rasanya apabila tak menikmati makanan khas Tulungagung. Namun bagi yang baru pertama kali datang ada referensi makanan yang bisa dibeli dan menjadi oleh-oleh.

    1. Sate dan gulai kambing

    Mungkin saja di kota Anda ada banyak penjual sate dan gulai kambing. Akan tetapi di Tulungagung memiliki sate dan gulai kambing dengan rasa yang khas dari daerah ini. Hal ini karena bumbu yang diberikan terasa lebih masuk dan meresap ke dalam dagingnya. Selain itu perbedaannya juga ada pada saat proses memasaknya. Proses memasaknya dengan cara dibakar dan juga dicelupkan ke dalam kuah gulainya.

    2. Kue sagon

    Mungkin Anda pernah merasakan kue sagon. Jenis kue tradisional ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke kota Tulungagung. Rasa dari kue ini lezat, manis, gurih dan memiliki aroma wangi. Bahan dari pembuatan kue ini adalah kelapa, tepung kanji, tepung sagu dan masih banyak lainnya.

    3. Ayam lodho

    Masakan ayam londho ini hampir sama dengan opor. Hanya saja ayamnya diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Sehingga saat Anda mencicipinya akan terasa lebih enak dan juga ingin mencobanya kembali. Biasanya masakan ini akan ditemani dengan lontong atau ketupat. Namun apabila tidak ada keduanya bisa menggunakan nasi putih saja.

    4. Enting-enting kacang

    Enting-enting kacang ini umumnya akan disebut dengan geti. Makanan ini menjaid kudapan ringan yang bisa dinikmati kapan pun. Terbuat dari kacang tanah yang dicampurkan dengan wijen. Kedua bahan ini tercampur rata dalam larutan gula. Jenis makanan ini memiliki rasa manis dan gurih sehingga membuat penikmatnya ketagihan.

    5. Getuk pisang

    Hampir sama dengan jenis getuk yang terbuat dari singkong. Jenis getuk pisang ini memakai bahan dasar pisang kepok. Apabila Anda melihatnya sekilas maka penampilannya mirip dengan lontong. Akan tetapi warna yang ada pada bagian dalamnya adalah merah tua.

    6. Ayam goreng Tulungagung

    Ayam goreng khas dari kota Tulungagung memang menjadi jenis masakan yang lezat. Apabila Anda nongkrong di cafe atau pun sedang menikmati waktu bersama keluarga. Jenis masakan ini memang menjadi menu yang khas dan tidak boleh dilewatkan.

    7. Jenang syabun

    Jenis jenang yang satu ini biasanya menjadi oleh-oleh khas kota Tulungagung. Terbuat dari verat keta dan memiliki rasa manis legit dan tekstur yang lembut. Sehingga membuat Anda bisa mengkonsumsinya dengan teman teh tawar.

    Berikan oleh-oleh ini untuk seluruh orang yang Anda sayang. Jenis makanan ini juga cocok bagi lansia yang sudah tidak memiliki gigi karena tekstur yang lembut saat dikunyah.

    8. Jenang grendol

    Bagi Anda yang menyukai jajanan dengan rasa manis bisa menikmati jenang grendol. Jenis camilan yang khas dari kota ini membuat Anda menikmati rasanya. Terbuat dari tepung kanji dan menjadi jajanan tradisional yang senantiasa diletarikan di kota ini. Sehingga Anda bisa menikmati jajanan ini untuk mendapatkan rasa yang khas.

    9. Sompil

    Mungkin Anda masih terasa asing dengan nama makanan yang satu ini yaitu sompil. Jenis makanan ini bisa ditambahkan lontong dan lotho untuk menikmatinya. Sedangkan untuk rasa akan menawarkan rasa pedas. Namun Anda yang menyukai cita rasa seperti ini akan membuat lidah menjadi semakin ketagihan.

    10. Kerupuk rambak

    Makan tak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan kerupuk untuk menambah selera saat mengkonsumsinya. Jika Anda memiliki moto demikian tentu saja kerupuk rambak yang satu ini memang dirasakan nikmat apabila dijadikan sebagai makanan khas yang bisa menjadi oleh-oleh. Untuk rasa yang ditawarkan begitu renyah dan gurih sehingga cocok untuk teman makan.

    Setelah Anda mengetahui mengenai sebelas makanan khas Tulungagung yang terkenal karena kelezatannya dan oleh-oleh daerah yang bisa dibawa pulang. Maka mungkin saja Anda berpikir bahwa mungkin saja akan menghabiskan banyak uang. Apabila Anda berpikir begitu dan ingin berwisata dengan hemat namun tetap dapat menikmati segala jenis kuliner ini berikut ini tips untuk Anda yaitu.

    11. Kepiting sambal ijo

    Menggoyang lidah dengan masakan laut yang khas dari kota Tulungagung ini adalah kepiting sambal ijo. Jenis masakan ini membuat lidah Anda menjadi ketagihan jika sekali menikmatinya. Hal ini karena rasa bumbu sambal ijo ini khas dan membuat perut yang lapar menjadi sangat puas dengan menikmati masakan ini.

    • Mulailah dengan menjalani survey mengenai kota Tulungagung. Beberapa survey yang bisa menjadi hal yang penting misalnya saja tempat makanan yang murah atau memberikan promo, tempat menginap, transportasi untuk menjangkau tempat wisata dan masih banyak lainnya. Jika ada promo gunakan untuk membuat Anda menjadi lebih hemat.

    • Usahakan untuk membawa uang dalam bentuk cash. Hal ini sangat penting karena tidak semua tempat memberikan atm. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan saat ingin membeli sesuatu. Tentu saja Anda tidak mengetahui mengenai letak atm di tempat yang dikunjungi.

    • Mulailah mencari tiket pesawat jauh-jauh hari. Hal ini karena umumnya akan memberikan banyak promo. Selain itu Anda juga bisa menggunakan pembelian melalui toko online. Persiapan jauh hari akan membuat Anda menjadi lebih mudah mempersiapkan segalanya. Segera catat maskapai penerbangan dan juga tanggal keberangkatan.

    • Pastikan Anda memilih perjalanan yang sesuai dengan kenyamanan. Misalnya saja perjalanan dengan menggunakan pesawat dirasakan lebih cepat dan nyaman. Maka bisa memilih menggunakan pesawat atau jenis pilihan lainnya.

    • Jika Anda ingin mendapatkan harga yang murah mulai dari penginapan, tempat makan, transportasi dan juga tidak sesak orang berlibur. Sehingga liburan Anda menjadi sangat padat dan tidak bisa menikmatinya. Maka usahakan untuk memilih jenis liburan dalam waktu hari kerja.

    • Manfaatkan penawaran khusus yang diberikan oleh pihak hotel atau penginapan. Usahakan untuk menggunakannya dengan baik. Misalnya saja menginap gratis satu malam, spa gratis dan masih banyak lainnya. Gunakan dengan baik agar Anda mendapatkan kemudahan untuk menghemat anggaran yang dikeluarkan.

    • Mulailah menyewa mobil untuk perjalanan selama berada di Tulungagung. Dengan demikian Anda akan lebih mudah dan aman dalam membawa barang apapun. Anda juga tidak perlu untuk senantiasa was-was mengenai barang bawaan yang dibawa.

    • Membeli oleh-oleh secukupnya akan menjadi pilihan bijak untuk Anda. Dengan demikian akan membantu dalam membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkan hasil terbaik. Sehingga usahakan dalam memilih oleh-oleh harus dilakukan dengan memiliki anggaran sendiri yang dipersiapkan sebelum berangkat.

    Setelah segala informasi Anda dapatkan dengan baik. Maka usahakan untuk menggunakan cara ini agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan untuk mempersiapkan dengan baik sebelum berangkat agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

    #kulliner
    https://candrabi.com Rabu, 04 November 2020 Last Updated 2020-11-05T07:44:45Z
    Komentar

    Tampilkan